Sharing Koneksi Internet


Mungkin dirumah anda ada 2 buah PC, namun hanya 1 yang terhubung langsung dengan internet. Dan suatu saat anda juga ingin kedua PC anda terhubung dengan internet. Lalu bagaimanakah caranya ??
Sebenarnya hal ini dapat dengan mudah anda koneksikan hanya dengan melakukan sedikit setingan di kedua PC anda.
Untuk membuat koneksi internet antara 2 buah PC dapat dilakukan dengan menggunakan kabel cross yang mana susunan warnanya sebagai berikut :
Untuk RJ45-1 :
1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Cokalat
8. Coklat
Untuk RJ45-2 :
1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Biru
5. Putih Biru
6. Orange
7. Putih Cokalat
8. Coklat
Setelah selesai dengan pengkabelan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu :
Pengaturan Networking
share
– pada Jendela Network Connection klik kanan Local Area Connection lalu pilih propertis dan akan tampil layar seperti berikut :
share1
– Isikan alamat IP sesuai dengan keinginan anda dengan catatan masih satu class, sebagai contoh disini saya menggunakan alamat 192.168.0.1 untuk PC1 dan 192.168.0.2 untuk PC2.
share2
share3
– Setting computer name dan workgroupnya dengan cara klik kanan pada icon my computer-propertis pilih tab computer nam dan pilih change seperti gambar dibawah ini :

computername1
computername2
Untuk workgroup semua komputer harus sama dalam hal ini saya gunakan mshome.
Setelah selesai klik ok dan biasanya windows meminta restart. Kemudian hubungkan kabel-kabel dan test koneksi dengan melakukan ping ke alamat IP komputer lainnya.
ping3
Setting Internet Connection Sharing
Komputer yang terhubung ke internet
Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu masuk ke my network places dan melihat apakah komputer yang telah disetting tadi sudah terhubung atau belum. Caranya double klik My Network Places dan masuk ke workgroup jika sudah benar akan tampil dilayar seperti gambar ini :
network
Kemudian untuk membuat sharing koneksi internet dapat anda lakukan dengan melakukan pilihan setup a home or small office network kemudian ikuti langkah-langkahnya dengan memilih next untuk melajutkan sampai pada pilihan select a connection method :
connection1
Pilih pilihan yang atas (This computer connects directly to the internet. The other computer on my network connect to the internet throught this computer), setelah itu pilih next dan muncul pilihan account ISP yang digunakan.
connection3
kemudian pilih next untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya, sampai pada pilihan : Give this computer name dan description Isikan dengan nama komputer yang telah anda setting pada awal contohnya : nover. Kemudian next.
Masuk ke pilihan nama workgroups dan isikan dengan nama :mshome. Selanjutnya sampai tahapan terakhir yaitu :
connection4
Untuk langkah terakhir ini anda tinggal pilih pilihan terakhir yaitu just finish the wizard; I don’t need run the wizard on the computer lalu tekan next dan selesailah tahapan anda melakukan settingan untuk sharing koneksi internet komputer pertama.
Setting komputer yang terhubung ke Network
Untuk melakukan settingan untuk komputer yang terhubung ke network caranya hampir sama dengan diatas hanya saja ada sedikit perbedaan pada pilihan select a connection method, yaitu untuk komputer yang terhubung ke network anda pilih piihan kedua seperti gambar berikut :
connection2
Setelah itu anda pilih next dan lakukan sama seperti langkah untuk komputer yang terhubung ke internet diatas.
Setelah selesai tahapan ini maka selesailah sudah langkah-langkah anda untuk membuat sharing koneksi internet komputer anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: